Kuliner Seafood di Angin Seroja

Angin Seroja

Secara geografis, wilayah Bogor ini memang didominasi oleh dataran tinggi pegunungan dan perbukitan. Kota ini sama sekali tidak memiliki pantai karena wilayahnya yang diapit oleh batas darat sejumlah kabupaten dan kota, cukup jauh sekali butuh berjam-jam berkendara untuk mencapai kawasan pesisir atau pantai.

Walaupun jauh, orang Bogor termasuk saya pribadi sangat suka sekali dengan pantai atau laut, kebanyakan dari mereka pergi liburan ke pantai itu pada saat momen lebaran atau libur panjang akhir tahun. Beberapa lokasi pantai favorit yang sering didatangi oleh orang Bogor diantaranya kawasan pantai Pelabuhan Ratu, beberapa pantai di Banten dan pesisir di utara Kota Jakarta salah satunya adalah Pantai Karnaval Ancol. Favorit banget deh itu mah.

Eh Ngomongin pantai mendadak jadi kangen nih sama kuliner khas daerah sana yakni seafood. Nah, Kota Bogor sebagai daerah yang memiliki segudang kuliner yang beraneka ragam kuliner mulai dari yang jadul sampai yang kekinian, yang unik sampai yang aneh terus bermunculan dan ramai menjadi perbincangan. Pokoknya membuat orang-orang penasaran dan bikin ngiler untuk datang dan mencobanya. Ditambah lagi dengan adanya media sosial, informasi begitu dapat tersebar luas dan cepat apalagi orang-orang sekarang ini gemar untuk memposting apapun, termasuk kuliner yang berjenis makanan seafood.

Kota Bogor dan laut memang terpisah jarak dan waktu, namun orang Bogor tidak perlu membuang banyak isi dompet dan ongkos bensin untuk bisa menikmati kelezatan kuliner seafood. Di jaman titik 4.0 ini, dengan mudah dapat kita jumpai tempat makan yang menawarkan kuliner seafood di banyak lokasi di Kota Bogor.

Bagian Depan
Daftar Menu
Pilih-Pilih
Kepiting Berukuran Jumbo

Dalam tulisan ini kali ini, saya akan menunjukkan satu referensi tempat makan yang sudah cukup dikenal dengan menu utamanya yang serba seafood, namanya Angin Seroja yang berlokasi di kawasan Bogor Barat atau tepatnya di Jalan Raya Leuwisadeng.

Begitu sampai, saya langsung melihat daftar menu lalu memilih beberapa olahan ikan dan cumi yang akan saya pesan. Sementara itu, di bagian depan ada wadah-wadah berisi ikan segar. Pengunjung bisa melihat dan bebas memilih sendiri jenis dan ukuran ikannya. Jangan heran dengan pemandangan kumpulan orang yang mengantri di tempat ini, hampir setiap hari terjadi apalagi kalau akhir pekan, lebih ramai lagi.

Ditambah lagi, tempatnya yang hanya berupa lesehan dilengkapi meja-meja panjang sudah dipenuhi pengunjung. Sebagiannya menikmati menu, sebagian lagi masih duduk menunggu pesanan.

Beragam jenis ikan tersedia disini, jumlahnya bisa mencapai 12 jenis ikan, tergantung stok yang tersedia, ikan-ikan tersebut dikirim dari Jakarta masih dalam keadaan segar. Mulai dari ikan gurame, kakap merah, kerapu, salmon, kuwe, bawal, udang, cumi, kerang dara, kepiting dan lobster. Selanjutnya, ikan yang sudah kita pilih tersebut dibawa oleh pelayan untuk ditimbang berapa beratnya, total berat inilah menentukan harga ikan yang kita pesan. Harga ikan disini bervariasi, kisaran mulai dari Rp 6.000 hingga Rp 17.000 per ons atau Rp 25.000 persatu porsinya.

Ruangan Pembakaran
Proses Pembakaran
Ikan Kuwe Dengan Saus Tiram
Habis Tanpa Sisa

Sementara di bagian lain, ada ruangan dapur yang terbuka dan tempat untuk membakar, pengunjung bisa melihatnya langsung proses pembakaran ikan. Pengunjung juga harus rela mengantri dan menahan kepulan asap yang menjalar ke seluruh ruangan tempat.

Selain menunggu makanan datang, kami juga harus menunggu giliran dengan pengunjung lain hingga mendapatkan tempat lesehan yang kosong. Berselang 30 menit, yang dinanti-nanti akhirnya datang juga dan siap untuk dieksekusi.

Yang menjadi ciri khas di tempat ini adalah ikan bakarnya yang diguyur dengan bermacam bumbu atau saus khas yang bisa kita pilih. Ada saus tiram, saus padang dan asam manis. Kami pilih olahan ikan bakar yang diguyur saus tiram dan saus padang begitupun dengan beberapa menu lainnya selain ikan.

Saatnya makan. Tanpa berlama-lama, langsung saja saya sobek atau cuil sampai bagian daging ikannya kelihatan, lalu dicocol ke saus hitamnya yang menutupi seluruh badan ikan. Begitu masuk kedalam mulut, sungguh rasanya menggelegar sekali. Ada manis, asin dan pedasnya juga pas, pokoknya enak banget deh. Selain itu, tak ada jejak amis yang tertinggal, ini mungkin karena ikannya diolah dalam keadaan segar.

Olahan seafood di Angin Seroja beneran bikin nagih, harganya pun menurut kami sangat terjangkau, pokoknya sebanding dengan citarasa dan kepuasan pengunjung. Ya, kalau ada waktu dan rezekinya, bolehlah kalian sesekali menikmati seafood di Angin Seroja.

Terima kasih telah membaca tulisan ini, semoga bermanfaat.

Jangan lupa follow Instagram saya https://www.instagram.com/fatahilaharis/?hl=en

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s