Rekreasi Keluarga di SKI Tajur

Pintu Masuk SKI Tajur

Bogor adalah kota kelahiran saya dengan sejuta kenangannya. Sektor pariwisata di kota yang terkenal dengan julukan kota hujan ini semakin berkembang dan menggeliat ditambah bermunculannya tempat wisata baru sehingga menambah daftar jumlah tempat wisata yang ada di kota ini dan menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan lokal dan mancanegara. Kota Bogor memiliki banyak sekali destinasi yang menarik untuk kita kunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah, budaya hingga kuliner khas daerahnya yang enak dan murah.

Jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke kota ini terus mengalami peningkatan. Walaupun kerap terjadi kemacetan parah di jalanan utama kota ini, namun tidak mengurangi minat wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan di kota ini begitupun pada hari biasa, jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bogor terbilang masih cukup tinggi.

Sumber Kaya Indah (SKI) adalah satu diantara tempat wisata yang ada di Kota Bogor. Perusahaan yang diresmikan tahun 2002 ini, awalnya berlokasi di Jalan Raya Tajur dan dikenal sebagai pusat tas di Kota Bogor. Seiring waktu berjalan, perusahaan ini terus berkembang dan mulai merambah ke daerah Katulampa. Wisata yang berdiri di atas lahan seluas 3 hektar ini menjadi salah satu lokasi favorit rekreasi dan belanja keluarga di Kota Bogor. Selain jaraknya yang dekat dengan Kota Jakarta, lokasi wisata ini pun sangat strategis karena berada ditengah kota ditambah akses yang mudah sekali dijangkau oleh jenis kendaraan apapun.

Outlet Tas
Cinderamata Kaos
Factory Outlet
Sentra Jajanan

Ternyata saya tiba lebih awal dari jam buka operasional, belum terlihat satupun petugas pintu masuk. Setelah lama menunggu, petugas datang dan membuka portal lalu semua kendaraan bisa masuk. Untuk bisa masuk ke tempat wisata SKI Tajur, setiap pengunjung tidak perlu mengeluarkan dana untuk tiket masuk, melainkan cukup membayar parkir saja. Setelah motor terparkir, saya mulai berkeliling ke semua sudut area wisata SKI.

Di kawasan ini terdapat outlet yang menjual produk tas berkualitas merek lokal dengan berbagai macam seperti tas wanita, tas pria sampai tas ransel tersedia disini. Mayoritas produk tas disini merupakan hasil produksi pabrik yang berada di kawasan Tajur. Selain outlet berisi tas, terdapat juga toko sepatu dan factory outlet yang menjual berbagai produk diantaranya dompet, ikat pinggang, pakaian, cinderamata, sepatu dan lainnya. Tempat yang ampuh mengubah mood kaum wanita seketika, dari cemberut menjadi tersenyum lebar sedangkan kaum pria harus jago juga mendeteksi isi dompetnya.

Tidak jauh dari lokasi outlet, terdapat sentra jajanan dan food court. Pilihan makanan dan minuman disini cukup bervariasi, tersedia kuliner lokal sampai luar negeri. Ada batagor, siomay, toge goreng, asinan bogor sampai roti unyil. Tidak hanya itu, kawasan ini juga memiliki restoran yang menyajikan beragam menu makanan dan minuman. Menu khas Sunda menjadi menu favorit di restoran ini, ada nasi liwet dan nasi timbel, sop, sayur asem sampai soto dengan kuah yang menggoda. Terdapat juga aneka cakes dan pastry yang bisa kamu coba di restoran ini.

_mg_2355-01305589060395180938.jpeg
Masih Sepi Pengunjung
Bersantai di Tepi Kolam Utama

Ini merupakan kali ketiga saya mengunjungi wisata SKI. Suasananya masih sepi, belum banyak pengunjung yang datang. Baru sebagian wahana saja yang sudah beroperasi sementara wahana lainnya masih tutup, tidak ada satupun petugas wahana yang berjaga.

Wisata SKI Tajur bisa menjadi tempat wisata alternatif untuk keluarga. Area SKI Tajur dikelilingi pepohonan yang membuat suasana menjadi teduh dan nyaman untuk dijadikan lokasi piknik. Kolam utama menjadi lokasi favorit pengunjung untuk bersantai, mereka duduk di tepian kolam sambil menikmati gemericik air mancur dan melihat penghuni kolam yaitu beragam jenis ikan seperti ikan mas, nila dan gurame.

Ada juga kolam khusus yang berisikan ikan raksasa bernama Araipama Gigas yang habitat aslinya berasal dari sungai Amazon. Selain itu, terdapat kolam arus deras yang dibuat oleh pengelola ini mirip sungai buatan tetapi dilarang melakukan aktivitas memancing.

Kereta Mini
Suasana Teduh Penuh Pepohonan
Balapan di Buggy Kart
Becak Mini
Keseruan Anak-Anak di Area Play Ground

Selanjutnya saya berpindah ke arena bermain khusus untuk anak-anak. SKI Tajur menyediakan beragam wahana permainan seru dan menyenangkan. Anak-anak bisa menjajal semua wahana tersebut asalkan cukup uang untuk membeli tiketnya di loket tiket.

Ada banyak pilihan wahana permainan diantaranya ada angry bird, kincir angin, robot, happy plane, becak mini, kereta mini, trampoline, berkuda, bungee, bola air, istana balon dan perahu paddler. Tersedia juga untuk dewasa seperti flying fox, paint ball dan arena buggy kart. Harga tiket setiap wahana tersebut cukup terjangkau mulai dari Rp. 20 ribu sampai dengan Rp. 40 ribu. Terjangkau sekali bukan ?

Anak-anak tampak seru menjajal setiap wahana yang ada disana, beberapa wahana wajib didampingi oleh petugas wahana sedangkan orang tuanya sibuk memotret keceriaan buah hatinya sembari mengawasi agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Seluncuran di Waterpark SKI
Foto Dari Sudut Lain

Tidak hanya itu, wisata SKI Tajur juga memiliki wahana air bernama water park SKI. tiket masuknya sebesar Rp. 60 ribu perorang. Pengunjung bisa menikmati berbagai keseruan yang ada di wahana air tersebut dengan konsep one stop family vocation.

Wisata SKI bisa menjadi pilihan tepat lokasi rekreasi keluarga akhir pekan ini. Semuanya lengkap dengan berbagai fasilitas dan kebutuhan wisatawan terpenuhi disini. Mulai dari belanja, arena pemainan, gedung serbaguna sampai sentra kuliner.

Ayo liburan ke SKI Tajur.

Informasi Tambahan

Wisata SKI Tajur beralamat di Jalan Pengairan Katulampa No. 6 Kota Bogor. Telepon yang bisa dihubungi (0251) 8353685, 8321183. Sedangkan untuk tarif parkir untuk kendaraan bus dikenakan biaya Rp 10 ribu, mobil Rp 5 ribu, dan motor Rp 3 ribu.

Terima kasih telah membaca tulisan ini dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa follow Instagram saya ya Fatahilaharis

Iklan

2 tanggapan untuk “Rekreasi Keluarga di SKI Tajur

  1. problem yang seringkali muncul dengan semakin banyaknya pilihan wisata adalah kemacetan, hal yang umum terjadi dimana-mana. semoga yang berwenang bisa mendapatkan solusinya dan menyamankan masyarakat, baik masyarakat sekitar wisata maupun pengunjung wisata

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s