Ulasan Pemandian Air Panas Tarikolot

Jalan Masuk ke Lokasi Pemandian Air Panas Tarikolot

Sejak awal, kenapa saya suka sekali menulis atau berbagi informasi di blog ini karena memiliki beberapa tujuan, tentunya selain karena hobi menulis, salah satu tujuan saya ialah saya berinisiatif ingin turut serta berkontribusi mengenalkan dan mempromosikan kepada masyarakat luas khusunya para pembaca mengenai tempat-tempat atau lokasi wisata, baik wisata alam, sejarah, kuliner dan lain sebagainya yang terdapat di wilayah administratif Kabupaten Bogor dan Kota Bogor.

Alhamdulillah sejauh ini, tulisan di blog ini terus didominasi lokasi wisata yang terdapat di wilayah Bogor. Beberapa lokasi wisata tersebut tentu sudah cukup familiar dan dikenal luas oleh wisatawan. Didalam blog ini juga, ada beberapa wisata alam di Bogor yang masih sangat baru dibuka untuk umum bahkan belum sama sekali didatangi oleh wisatawan dan tidak jarang beberapa pembaca baru mendengarnya. Kedepannya, saya selalu mempunyai harapan, semoga teman-teman terbantukan ketika sedang mencari informasi atau referensi wisata yang terdapat di wilayah Bogor dan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Bogor terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Aamiin

Mengawali tahun baru 2019 ini, saya ingin memulainya dengan cara yang baik yaitu bermuhasabah diri. Seperti sudah kita ketahui semua, tahun 2018 lalu, bencana silih datang berganti tiada henti melanda negeri yang kita cintai ini. Dari mulai gempa bumi di Lombok dan Bali, tsunami yang terjadi di Palu dan sekitarnya kemudian gempa lagi di Situbondo dan bencana longsor dan banjir yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia. Dan belum ini terjadi ialah bencana tsunami dan erupsi Gunung Anak Krakatau yang menerjang hampir seluruh kawasan pesisir pantai barat di Banten dan Lampung Selatan. Ratusan korban jiwa melayang, ribuan orang terluka serta ribuan rumah warga dan puluhan penginapan hancur luluh lantah tiada sisa diterjang gelombang tsunami.

Sebagai muslim, saya turut berduka cita atas apa yang menimpa saudara-saudara kita semua. Saya meyakini, saya selalu berprasangka baik kepada Allah, bahwasanya rentetan bencana yang terjadi di negeri kita ini bukan suatu hukuman ataupun sebuah azab melainkan sebuah pesan berisikan bentuk kasih sayang Allah kepada hamba-Nya. Allah sedang rindu kepada hamba-Nya, Allah menginginkan hamba-Nya untuk mendekat dengan-Nya, mungkin saja selama ini kita terlena oleh kenikmatan dunia sehingga kenikmatan tersebut justru membuat kita lalai dan semakin jauh dengan-Nya.

wp-image--994273413
Kondisi jalur menuju area parkir
wp-image-1648439518
Ditengah pesawahan
wp-image-237727447
Jalan setapak menuju area kolam

Baiklah, mari kembali ke topik utama. Momen libur tahun baru masehi kali ini, saya gunakan untuk berkunjung ke Pemandian Air Panas Tarikolot yang terletak di Kampung Tarikolot, Desa Gunung Malang, Kecamatan Tenjolaya, Bogor. Saya tidak sendirian, saya ditemani oleh ketiga kawan saya, salah seorang kawan saya memberikan sedikit penjelasan mengenai Pemandian Air Panas Tarikolot yang termasuk salah satu rekomendasi wisata air panas di Bogor. Tapi, mari kita datangi dulu, puas atau mengecewakan ?

Tanpa basa basi, kami berempat pun langsung berangkat kesana. Setelah hampir 30 menitan melintasi jalan beraspal, kami belokan kendaraan yang mengarah ke medan jalan, kombinasi antara bebatuan dan tanah merah. Kami harus ekstra hati-hati dan cukup licin. Tidak lama setelah itu, kami pun akhirnya sampai di area parkir Pemandian Air Panas Tarikolot. Kemudian kami diminta biaya retribusi oleh seorang penjaga sebesar Rp. 10 ribu perorang dan Rp. 5 ribu perkendaraan.

Suasana ramai disesaki pengunjung
Perempuan paruhbaya tengah asik menikmati kolam air panas
Pemandangan sungai kecil
Anak-anak sedang asik bermain air
Kubangan kecil di sungai

Namun, sayang seribu sayang. Penjelasan singkat oleh kawan saya tadi hanyalah angin berlalu, semuanya tidak sesuai ekspektasi saya. Kondisi kolam pemandian air panas cukup memprihatinkan. Disetiap sisi kolam tersebut hanya terdapat tembok semen alakadarnya atau memang belum selesai pembangunannya. Kemudian area kolam tersebut disekat menjadi tiga bagian, entah maksudnya untuk apa, padahal suhu panas di semua kolam tersebut sama saja. Selain itu, kondisi airnya keruh berwarna kecoklatan dan disesaki oleh pengunjung yang rata-rata didominasi oleh kaum ibu dan bapak, situasi tersebut membuat kami mengurungkan rencana untuk tidak jadi berendam. Sementara itu, beberapa fasilitas yang sudah tersedia, antara lain area parkir, saung untuk bersantai, warung, kamar mandi yang menyatu dengan kamar ganti dan mushola sederhana.

Dari area kolam, kami bergegas turun ke arah sungai kecil yang letaknya tidak jauh dari area kolam. Airnya jernih dan lumayan dingin, dibeberapa titik sengaja dibuatkan bendungan buatan yang terdiri dari tumpukan batu agar bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berendam. Alih-alih berendam di sungai, justru kami berempat memilih untuk duduk bersantai diatas batu besar sembari mencicipi perbekalan yang kami beli di warung tadi. Kemudian kami berpindah ke sebuah saung ditengah area pesawahan dengan latar belakang Gunung Salak yang tertutup kabut tebal. Tak lama setelah itu, kami pun kembali berkemas dan bersiap untuk pulang.

Yuk ke Pemandian Air Panas Tarikolot.

Informasi Tambahan

Dari pusat Kota Bogor menuju Pemandian Air Panas Tarikolot bisa melalui Jalan Empang lalu ke arah Kota Batu Taman Sari dan Gunung Malang. Untuk kendaraan umum bisa menggunakan angkot dari Mall BTM naik angkot ke arah Ciapus Gunung Malang turun di Kampung Tarikolot kemudian berjalan kaki sejauh 500 meter.

Terima kasih telah membaca tulisan ini dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa follow Instagram saya Fatahilaharis

Iklan

3 tanggapan untuk “Ulasan Pemandian Air Panas Tarikolot

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s