Ada Apa di Gunung Pancar ?

Gerbang Utama Kawasan Wisata Alam Gunung Pancar

Bosan dengan suasana ibu kota ? ada baiknya pergi liburan untuk tinggalkan sejenak rutinitas dan menikmati segarnya udara khas pegunungan yang bebas polusi. Taman Wisata Alam Gunung Pancar bisa menjadi pilihan utama wisata. Selain jaraknya yang dekat dari ibu kota, aksesnya pun mudah dicapai, baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Dari arah Jakarta bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar di Sentul Selatan kemudian melewati Jalan Sentul City dan belok ke arah Babakan Madang hingga berakhir di Desa Karang Tengah, lokasi dimana Taman Wisata Alam Gunung Pancar berada.

Semenjak kemunculannya di laman Instagram, Taman Wisata Alam Gunung Pancar semakin dikenal luas wisatawan domestik maupun mancanegara, ribuan foto dan video pengunjung di Gunung Pancar sudah terunggah. Tak ayal, sejak dirintis 4 tahun lalu jumlah wisatawan terus meningkat dan selalu ramai dipadati terutama pada hari libur atau akhir pekan. Akhir pekan lalu, saya dengan saudara saya berkunjung ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar untuk mencari tahu, ada apa saja disana sekalian hunting foto juga.

Profil Wisata Alam Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan sebuah kawasan rekreasi dan konservasi yang efisien dan profesional berorientasi pada pendidikan dan pelestarian lingkungan, serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar area pengusahaan. Gunung Pancar berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dengan luas areal sekitar 447.5 ha dan berada pada ketinggian 300 – 800 MDPL dengan topografi landai sampai bergelombang terjal.

Jalan Utama
Gaya Jalan Model Profesional
Lokasi Camping Ground
Spot Foto Melimpah

Kondisi umum vegetasi kawasan adalah tipe hutan dataran rendah (lowland Rainforest) dengan kondisi vegetasi, antara lain, Pinus, Sengon, Rasamala, Pasang, Puspa, Jamuju, Saninten, Teureup dan masih banyak vegetasi lainnya.

Ada apa di Gunung Pancar ?

Saat ini, Taman Wisata Alam Gunung Pancar dikelola oleh PT. Wana Wisata Indah, salah satu perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang pengusahaan wisata alam. PT Wana Wisata Indah turut berperan dalam upaya pengelolaan tersebut melalui upaya kreasi dan rekreasi di wilayah Gunung Pancar, sehingga indahnya alam pegunungan daerah Sentul yang terletak diantara kota Jakarta dan Bogor dapat dikenal oleh masyarakat luas sebagai media wisata alam dan edukasi pengenalan lingkungan

Ada banyak aktifitas luar ruang yang bisa dilakukan di Taman Wisata Alam Gunung Pancar, seperti hiking, berkemah, bersepeda, dan lintas alam. Selain itu, ada juga wisata konvensi, berwisata sambil melakukan rapat, seminar, rapat dan konferensi serta wisata budaya yaitu menikmati pergelaran seni tradisional ditengah panorama hutan pinus yang sejuk dan alami. Sarana prasarana yang ada di Taman Wisata Alam Gunung Pancar diantaranya pusat informasi, pondok kerja, sarana olahraga, camping ground, tempat bermain anak, sarana pemandian, shelter, fasilitas penginapan dan ruang pertemuan.

Parkiran Hampir Penuh
Foto-Foto Sepuasnya
Hobbit Home
Awas Tuh Yang Atas Jangan Kentut
Instagramable Banget Deh…
Ada Cafe Juga
Liburan Seru Bersama Keluarga Tercinta
Jangan Salah Fokus yaaa !!

Camping ground

Taman Wisata Alam Gunung Pancar memiliki beberapa areal camping ground yang ditata dengan apik dan dilengkapi fasilitas pendukung mulai dari aula, toilet, listrik dan sebagainya untuk kenyamanan berwisata para pengunjung. Camping ground tersebut antara lain, Bukit Batu Gajah, Bukit Batu Pandan, Lembah Pakis, Lembah Pinus, Bukit Batu Gede dan Bukit Batu Hijau. Luas areal camping ground tersebut kurang lebih 5.000 M2 – 10.000 M2, muat untuk puluhan tenda dan bisa menampung ratusan orang. Harga sewanya berkisar mulai dari Rp. 2,5 juta – Rp. 3,8 juta permalam dalam kelompok besar seperti komunitas, sekolah atau instansi lainnya. Tersedia juga untuk perorangan dikenakan biaya Rp. 100 ribu permalam namun harus bawa tenda sendiri.

Area Spot Foto

Tadinya kami ingin sekali masuk kedalam area camping ground namun rupanya siang itu, semua camping ground sudah disewa dan sedang ada kegiatan. Jadi, kami pikir, kehadiran kami akan mengganggu, lagipula tidak sembarang orang bisa masuk, harus ijin terlebih dahulu ke petugas di pos depan. Ada juga pemandian air panas, tapi kami tidak tertarik sama sekali dan terus terang uang yang kami bawa saat itu tidak cukup untuk membayar sewa kolamnya yang katanya cukup mahal kalau cuma buat dua orang saja, mubajir banget. Pada akhirnya kami masuk ke sebuah areal, dimana terdapat beragam spot foto yang unik dan kekinian banget.

Masuk ke area ini cukup membayar parkir saja Rp. 2 ribu namun untuk bisa berfoto di setiap spot foto tersebut dikenakan tarif berkisar antara Rp. 10 ribu – Rp. 15 ribu. Boleh dibilang areal ini habitatnya para selebgram, ada banyak sekali spot foto disini, mungkin mencapai 20 sampai 30an spot foto, yang hobi berswafoto seperti saudara saya wajib datang kesini, pasti keren dan instagramable banget deh. Area ini juga dilengkapi fasilitas seperti toilet, lahan parkir, mushola, dan warung.

Catatan

Ada kendaraan umum tapi hanya sampai di pertigaan Babakan Madang, bisa dilanjutkan menaiki ojek pangkalan sampai lokasi. Saran saya, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi saja, lebih irit waktu dan tidak ribet.

Info lengkapnya di Gunungpancar.co.id

Terima kasih telah membaca tulisan ini dan semoga bermanfaat

Jangan lupa follow Instagram saya ya Fatahilaharis

Iklan

6 tanggapan untuk “Ada Apa di Gunung Pancar ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s