Wisata Alam Edukatif D’Kandang Amazing Farm

wp-image--1298231563
D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm, Warmth Experience In Comfort

For the first time, akhirnya saya jalan-jalan ke Depok juga. Memangnya ada apa sih di Depok ? Dalam tulisan ini, saya akan coba membahas salah satu wisata alam edukatif yang semakin populer tepatnya di daerah Sawangan Depok. Awalnya cuma iseng, membaca sedikit informasinya di berbagai sumber tapi lama-lama penasaran dan rasanya tidak afdol kalau tidak berkunjung langsung kesana sekalian survey juga, pasti akan sangat bermanfaat, siapa tau jadi referensi wisata setelah saya ceritakan kepada saudara saya yang kadang suka bingung mencari tempat wisata untuk liburan akhir pekan.

D’Kandang Amazing Farm, wisata edukasi keluarga dan anak yang menawarkan pengalaman baru tentang dunia peternakan dan pertanian. Di atas lahan seluas kurang lebih 6 hektar, D’Kandang Amazing Farm memiliki beragam wahana yang memanjakan wawasan pengunjungnya. Saudara saya yang masih anak-anak pasti akan suka tempat ini. Duh, jadi bernostalgia, rasanya baru kemarin menjadi mereka, bebas bermain tanpa tekanan deadline apapun, waktu terasa berputar sangat cepat. Wajah-wajah polos betah berlama-lama menikmati setiap wahana yang ada di D’Kandang Amazing Farm, para kakak guide disana selalu siap mendampingi anak-anak bermain sambil belajar, sementara para orang tua cukup memperhatikan saja tanpa perlu mengkhawatirkan buah hati tercinta.

Sesuai tagline, Warmth Experience In Comfort.

Registrasi Tiket Masuk
Outlet Penukaran Karcis dengan Yoghurt
Sumpah Ketagihan

Berkunjung ke D’Kandang Amazing Farm

D’Kandang Amazing Farm berlokasi di Jalan Penarikan (Perum PGRI) RT 07/02, Kelurahan Pasir Putih, Sawangan Depok. Akses jalannya sangat mudah, saya sendiri yang dari arah Bogor melalui Jalan Raya Parung kemudian berbelok ke Jalan Muchtar Raya dan berakhir di Jalan Raya Pasir Putih. Dari Jalan Raya Pasir Putih lokasinya sangat dekat, kurang lebih tinggal 200 meter saja. Sementara dari arah Jakarta dan Tangerang pun sama dengan arah jalan seperti saya yang dari Bogor.

D’Kandang Amazing Farm menawarkan beragam pilihan paket menarik, bisa untuk perorangan maupun kelompok dalam jumlah peserta yang sangat banyak. Saya sendiri pilih tiket perorangan dengan harga Rp. 18.000 plus bonus yoghurt botol ukuran 200ml rasa strawbeery. Tersedia paket lainnya yakni paket perorangan dengan harga tiket Rp. 35.000 plus bonus yoghurt botol berukuran 200ml dan tompi rimba. Nyesel juga sih ga pilih yang ini. Sementara untuk informasi paket lainnya akan saya bahas di bagian lainnya dalam tulisan ini.

Teduh
Main Air
Serodotan
Wahana Outbound

Sementara anak-anak seru mengikuti rangkaian kegiatan didampingi oleh kakak guide keren. Para orang tua bisa sambil menunggu dengan bersantai dibawah pohon rindang beralaskan rumput sintetis hijau, kalau bawa bekal makanan bisa juga piknik disini tapi jangan nyampah sembarangan. Ada juga orang tua yang sedang memperhatikan anaknya yang sedang asik bermain di area air mancur dan rumah mini dilengkapi seluncuran dan ayunan.

D’Kandang Amazing Farm memiliki beberapa wahana permainan yang tidak termasuk kedalam paket atau tidak dipungut biaya alis gratis. Namun harus siap mengantri dan menunggu giliran menikmati wahana permainan tersebut. Peran orang tua sangat diperlukan untuk mengawasi anaknya agar tidak terjadi keributan dengan anak yang lainnya hanya karena berebutan. Tabiat anak-anak memang seperti itu.

Menikmati alam, belum lengkap rasanya kalau tidak menikmati keseruan outbound di D’Kandang Amazing Farm dengan harga paket Rp. 100 ribu perorang. Paket Outbound yang ada di D’Kandang Amazing Farm menawarkan berbagai aktivitas seru. Ada High Rope yaitu Spider Web, Spider Net, Burma Bridge, V Bridge dan Flying Fox , sementara untuk Low Rope yaitu Merayap, Tangram, Bambu Titian, Tak Tik Boom, Pipa Bocor, Back Ball dan Estafet Bal.

Loket Tiket

D’Kandang Amazing Farm membagi wahana tersebut kedalam dua kelompok yakni wahana edukasi dan wahana kreasi. Berikut dibawah ini daftar harga dari masing-masing wahana tersebut.

Wahana Edukasi

Delman kuda 40 K, Menunggang Kuda 25 K, Menyusul Cempek 20 K, Memerah Susu Sapi 20 K, Menunggang Kerbau Bule 20 K, Memberi Pakan Kelinci 20 K, Memberi Pakan Ayam 20 K, Memberi Pakan Bebek 20 K, Memberi Pakan Domba 20 K, Memberi Pakan Burung 20 K, Memanen Sayuran 20 K, Menanam Tanaman Hias 20 K, Tangkap Ikan 20 K, Hydroponik Kids 25 K, Chickenology Room 10 K, ATV 30 K, Flying Fox 20 K, Scooter 25 K dan Istana Balon 25 K.

Wahana Kreasi

Kreasi Tanah Liat 35 K, Melukis Layang-Layang 35 K, Melukis Topi Caping 50 K, Kreasi Boneka Potty 40 K, Kreasi Kokedama 50 K, Melukis Kaos Anak Ukuran 0-S 50 K dan Melukis Kaos Dewasa Ukuran M-XL 70 K.

Catatan : Tiket yang sudah dibeli tidak di refund, K = dalam ribuan.

Kandang Kambing
Ngasih Cempek
Sapi Perah

Belajar mengenal hewan ternak

D’Kandang Amazing Farm memiliki koleksi kambing etawa berjenis peranakan etawa, hasil persilangan kambing etawa dengan kambing lokal. Kakak guide disana akan menjelaskan kepada Anak-anak informasi seputar kambing etawa. Selain itu, anak-anak juga akan mendapatkan pengalaman baru yakni memberi rerumputan kepada induk kambing atau bisa mempraktekan langsung memberi satu botol susu segar kepada anak kambing atau cempek.

Dari kandang kambing, selanjutnya kita berpindah ke kandang sapi perah dan kerbau bule yang menyatu dalam satu area. Sapi perah sendiri merupakan jenis sapi yang memiliki memproduksi air susu dalam jumlah banyak. Para peserta bisa belajar langsung dengan kakak guide cara memerah susu yang baik dan bisa meminumnya langsung ditempatnya. D’Kandang Amazing Farm juga menawarkan sensasi memandikan kerbau bule di kolam kecil berlumpur. Jangan takut, karena ada kakak guide yang siap mendampingi dan kerbau bulenya juga dijamin sudah jinak dan baik.

Rumah Chickenology
Kandang Kelinci
Kolam Budi Daya Ikan

D’Kandang Amazing Farm juga memiliki wahana bernama Chickenology, terdengar kurang familiar bukan ? Chickenology merupakan sebuah wahana yang menyediakan berbagai informasi tentang peternakan ayam untuk Sahabat D’Kandang sekalian. Para peserta akan mempelajari siklus kehidupan ayam mulai dari telur, sampai ayam dewasa yang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Dari paket Chickenology ini para peserta akan mendapatkan Welcome drinks: Susu hangat + Pudding, Opening & Ice Breaking, Senam Pinguin, Sesi Foto Bersama, Touring Chickenology Room, Touring Mini Pasture, Egg Hunter, Membuat topi Koki, Membuat nugget ayam, Membuat Boneka Chicky, Makan siang D’Crunch + Air mineral, Guide dan Souvenir.

Masih belum puas ? Tenang, masih ada kandang lainnya. Kali ini kita berpindah ke kandang kelinci. Saya sempat dipersilahkan masuk oleh kakak guide dan disuruh untuk menangkap kelinci tapi sayang, kelincinya sedang beristirahat didalam lubang-lubang kecil, saya tidak mau mengganggunya. Tidak hanya kelinci, di kandang ini juga terdapat koleksi hewan peliharaan lainnya seperti domba, burung, bebek dan kerbau.

Rumah Kreasi
Hasil Kreasi Anak-Anak

Berkreasi di Rumah Kreasi

D’Kandang Amazing Farm juga menyediakan Paket Edukasi Kreatif bernama rumah kreasi. Di rumah kreasi ini, anak-anak akan belajar membuat boneka potty dan juga clay atau kreasi tanah liat. Selain itu, anak-anak juga bisa mencoba melukis layang-layang, melukis caping dan melukis anak.

Kakak guide akan mendampingi dan mencontohkan prosesnya dengan suasana yang ramah dan menyenangkan agar kreatifitas anak-anak muncul dengan berbagai kreasinya. Kemudian setelah selesai semua, hasil kreasi anak-anak akan dikumpulkan dan dinilai oleh kakak guide. Yang menarik, hasil kreasi tersebut bisa kita bawa pulang sekaligus sebagai cinderamata dari D’Kandang Amazing Farm. Peserta Paket Edukasi Kreatif juga akan mendapatkan bonus tambahan berupa makanan dari D’Crunch.

Sawah Padi
Apotek Hidup
Pembuatan Pupuk Kandang

Mengenal berbagai jenis tanaman dan belajar bercocok tanam

Puas bermain dengan hewan peliharaan, selanjutnya saya berpindah ke wahana lainnya yang ada di D’Kandang Amazing Farm yaitu Farm Edutainment. Disini, kita akan belajar dan mengenal lebih banyak tentang pertanian dan peternakan. D’Kandang Amazing Farm menyediakan paket khusus dengan berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan, yang pasti bakal menjadi pengalaman yang seru dan menambah pengetahuan.

Beberapa kegiatan tersebut seperti bercocok tanam padi dan sayuran lainnya, mengenal taman vertikal, mengenal kolam penjernihan air, Mengenal salah satu seni kreativitas bonsai Jepang (Kokedama), mengenal sawah, mengenal teknik bertanam Urban Farming, mengenal sayuran organik, mengenal tanaman buah, Mengenal tanaman hias, mengenal tanaman apotek hidup, mengenal tempat pupuk dan kompos, mengenal ruang pengkabutan vegetatif dan Green House.

Koboy Dadakan
Serunya Naik Delman

Di D’Kandang Amazing Farm, anak-anak bisa menjadi seorang koboy dadakan, mereka sangat antusia bahkan rela mengantri demi menunggangi kuda. Jangan takut, kudanya sudah jinak dan sangat baik. Seorang kakak guide akan menuntun kuda supaya baik jalannya kemudian akan diajak berkeliling mengitari beberapa wahana yang ada di D’Kandang Amazing Farma. Mau beramai-ramai ? kalian bisa pilih delman berkapasitas empat sampai enam orang. Pak kusir akan mengajak para penumpang berkeliling menyusuri jalur yang sudah tersedia.

Petunjuk Arah
Suasana Pendopo
Rumah Safary Sosis

Fasilitas dan Safary Sosis

Selain menawarkan beragam wahana tadi, D’Kandang Amazing Farm juga memiliki banyak fasilitas seperti lahan parkir kendaraan yang luas baik untuk mini bus maupun bus berukuran besar, musholla, toilet, ruang ganti, pusat informasi, kolam pemancingan, kantor pemasaran dan pendopo anyar yang bisa digunakan oleh para pengunjung dalam jumlah peserta yang banyak. Selain itu ada juga beberapa resto dan pujasera serta toko souvenir yang menjual berbagai produk dari D’Kandang Amazing Farm sendiri yang akan saya bahas dibagian lainnya.

Ada yang suka sosis ? kalau suka, sekali-kali kalian harus datang ke safary sosis di D’Kandang Amazing Farm. Wahana yang baru dibuka pada bulan desember tahun lalu ini menawarkan beragam fasilitas seru yaitu mengetahui sejarah sosis, belajar membuat sosis, menyantap sosis dan terakhir, gift sosis untuk dibawa pulang. Harga tiket safary sosis ini yakni Rp. 55 ribu per 1 anak 1 pendamping atau Rp. 35 ribu untuk 1 anak.

Souvenir
D’Crunch
Acalipa Resto
Green Bean Cafe

Toko Souvenir dan Pujasera

D’Kandang Amazing Farm memiliki pujasera, pusat jajanan serba ada. Pengunjung yang tidak membawa bekal makanan dari rumah, tidak perlu khawatir kelaparan karena banyak sekali pilihan makanan dan minuman di Pujasera. Ada D’Crunch, Acalipa Resto, Green Bean Cafe dan lainnya. Harganya juga sangat ramah di kantong dan rasanya pasti enak-enak. Selain Pujasera, D’Kandang Amazing Farm memiliki toko souvenir yang khusus menjual berbagai pernak pernik dan produk asli dari D’Kandang Amazing Farm. Ada boneka, kaos, topi, mainan anak dan lainnya.

Liburan ke D’Kandang Amazing Farm menjadi salah satu referensi di akhir pekan ini. Selain menambah wawasan dan pengetahuan tentang pertanian dan peternakan, D’Kandang Amazing Farm akan memberikan pengalaman seru dan menyenangkan bersama keluarga.

Yuk belajar di D’Kandang Amazing Farm.

Informasi lengkapnya buka disini D’Kandang Amazing Farm

Terima kasih telah membaca tulisan ini dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa follow instagram saya ya Fatahilaharis

8 tanggapan untuk “Wisata Alam Edukatif D’Kandang Amazing Farm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s